Jelajah
IMG-LOGO
Berita Daerah

JENANG & KRASIKAN MANDIRI

Create By LINDA NURUL ALIFAH 21 October 2022 131 Views
IMG

JENANG & KRASIKAN MANDIRI

 

 

Pada tahun 2000, Ibu Sutinah memulai usaha dibidang makanan yaitu produksi jenang dan krasikan. Usaha ini diberi nama Jenang & Krasikan Mandiri yang berada di Dusun Gemampang, Desa Sirahan, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

 

Jenis-jenis olahan jenang dan krasikan berupa madumongso, permen tape, dan wajik bandung. Produk Jenang & Krasikan Mandiri dijual mulai dari harga Rp 3.500,- sampai dengan Rp 30.000,- per bungkus. Untuk produk jenang dan krasikan dengan bungkus mika dijual dengan harga Rp 3.500,- ; Rp 4.000,- ; Rp 5.000,- ; dan Rp 7.500,- dimana jumlah isi per mika disesuaikan dengan harga. Selain itu jenang dan krasikan juga dapat dibeli secara kiloan dengan harga per kilo Rp 30.000,- dengan isi 38 iris.

“Untuk harga jenang dan krasikan itu disesuaikan dengan request pembeli, mau per mika diisi 6, 8, 10 iris atau berapapun itu bisa menyesuaikan.” tutur Ibu Sutinah ketika diwawancarai di tempat produksi.

 

Masa ketahanan Jenang & Krasikan Mandiri yaitu 10 hari sebelum exp. Usaha ini juga telah didaftarkan dan setiap 6 bulan sekali diuji di laboratorium. Selama pandemic covid-19 usaha Jenang & Krasikan Mandiri mengalami pasang surut seperti UMKM lainnya. Namun berkat usaha dan kerja keras Ibu Sutinah beserta 3 karyawan lainnya, usaha ini mampu bertahan hingga saat ini bahkan untuk rata-rata penjualan bisa mencapai 50 kilo per hari. Pemasaran dilakukan baik secara langsung dari mulut ke mulut maupun melalui sosial media. Arah pemasaran Jenang & Krasikan Mandiri yaitu di toko oleh-oleh yang ada di sekitar D.I.Yogyakarta-Muntilan-Magelang.

Oleh : KKN UNY 2022-26196

 

96,8 FM Radio Gemilang